Sabtu, 28 Mei 2011

Dorayaki ala Aci-Chan

Ada apa dibalik rasa kali ini?

Yups Dorayakiii!!! Makanan ini pertama kali saya dengar kira" 8 tahun yang lalu ketika pertama kalinya saya nonton serial kartun yang sampai saat ini masih diputer di stasiun tv yang sama and i think you know what i mean, yups benar sekali, DORAEMON. Kucing ini beda sama kucing lainnya, beda sama caty, boni, beni, bani, garong, ucil, ubil, yah intinya beda sama kucing lainnya yang makan ikan asin alias gereh, kucing ini suka makan Dorayaki. Makanan yang terbuat dari tepung yang di-filling sama anko (kacang merah). 


(Sumber Google)

Nah kembali ke laptop, kali ini kenapa saya masak Dorayaki? Sebenernya ini kekecewaan saya sama penjual dorayaki yang ada di Solo Grand Mall. Gimana saya gak kecewa, lah dia itu pasang banner gede di depan tokonya, terus dia pasang gambar Dorayaki yang hampir sama kayak gambar di atas. Spontan saya berfikir, rasa Dorayaki yang ditawarkan pasti sama seperti imajinasi Dorayaki yang saya bayangkan saat itu yaitu Kue yang isinya kacang merah, ya mirip" kayak bakpia lah isinya (kalo bakpia kan kacang ijo). Oh tapi itu hanya sebatas imajinasi liar saya, hadewh =.=. Ternyata Dorayaki yang saya dapatkan adalah sebatas kue (kalo saya bilang luarnya itu adonan pancake) yang isinya COKLAT PASTA!!! hadewh =.=. (Penonton kecewa, balikkan uang kami!!! *imajinasi makin liar)

Nah akibat imajinasi liar tadi akhirnya saya memutuskan untuk memasak sendiri kue Dorayaki idaman saya, yah walaupun gosong" dikit yang penting rasanya sesuai imajinasi lah. This is it, Dorayaki ala Aci-Chan:


(Saya paling gak bisa yang namanya Garnish, jadi ala kadarnya yah kayak gitu, ditambah kamera saya cuma mentok kamera hp +.+ hiks)

Nah di atas itu adalah Dorayaki hasil kreasi saya. Dibuat hari Minggu (lupa tanggalnya) pukul 8 malam (yah ini salah satu yang membuat badan saya naik berkilo", hobi saya adalah membuat snack berat di malam hari, hahahaha). Dorayaki ini gak akan jadi kalo gak ada sepupu saya yang datang membantu saya so special thanks to Putri and Risha yang udah dengan sabar bantuin saya ngulek kacang merah dan bikin adonannya... *muah :* dan ini pesenan resep buat Mba Tiwi "Maaf ya mba, cuma bisa ngasih resep *piss love gaul ya.... :D" Oiya hampir kelupaan, terima kasih juga buat chef Farah Quinn cantik yang sudah memberikan inspirasinya :)

Bahan Adonan:
250 gram tepung terigu
1/4 sdt garam
50 gram gula pasir
1 sdt baking powder
4 butir telur
50 cc gula cair
150 cc susu cair

Bahan Filling:
50 gram mentega
2 sdm terigu
150 cc santan kara
200 gram kacang merah
1/4 sdt garam
100 gram gula halus
Air secukupnya untuk merebus kacang

Cara Membuat:
1. Rebus kacang merah sampai dalamnya empuk.
2. Campurkan semua bahan adonan dorayaki kemudian tuang adonan di atas teflon dengan sedikit minyak (kalo ada semprotan, pake semprot aja agar minyaknya lebih merata), masak dikedua sisi. Biarkan bagian sisi luar agak gosong.
3. Setelah kacang empuk, haluskan. (Kalo mau lebih halus diblender aja).
4. Campurkan gula halus ke dalam kacang merah yang telah halus, kemudian aduk rata.
5. Panaskan mentega dalam panci, kemudian masukkan terigu, dan santan, aduk hingga merata. 
6. Masukkan adonan kacang merah+gula halus, aduk kembali hingga merata dan matang.
7. Ambil dua lembar dorayaki, kemudian filling dengan adonan kacang merah.
8. Hias dengan coklat di atasnya dan buah"an.

*Catatan: 
1. Pastikan kacang merah yang direbus bener" empuk supaya ketika dihaluskan rasa kacang tidak mentah.
2. Ikuti langkah" pembuatan filling di atas secara urut agar filling yang didapatkan tidak berlemak.
3. Selamat mencoba and Good Luck :)





3 komentar:

  1. aQ ga ditawarin... T_T
    belum pernah makan dorayaki. dan kemaren ga nyicipin bkinan achrid. jadi bingung mau komen apa.. hahaha...
    promo aja ah :
    kalo uda tahap penyajian,,harusnya kasih ke aQ.. dijamin jadi memiliki nilai seni..
    wakakakakakakak...

    tp yg jelas,,makanan apapun yg astri bkin pasti sarat gizi.. entah banyak susu atau banyak telor.. terbukti langsung bkin gembrot.. hahahahaha... :D

    BalasHapus
  2. boleh nih...
    belajar seni menghias perlu juga, biar lebih mantap dan makin membuat lidah orang yang lihat jadi tambah penasaran...^^

    BalasHapus
  3. ujelicious: Dorayakinya sudah sesuai imajinasi yaitu filling anko tapi sayang masih belom bisa buat seempuk yang diharapkan je. Yah memang aku sangat lemah di garnish :(

    Mba memey: betul mba, aku pengen bisa pinter dari segi garnish. :D

    BalasHapus